Jumat, 27 April 2012

Ada Apa dengan Bumi Ini (Bagian 1)


Bismillah...

Pernahkah kita membayangkan bagaimana panasnya bagian dalam dari bumi kita ini??
Lantas mengapa panas itu tak terasa oleh kita semua, sebagai makhluk yang tinggal di bagian atasnya??
Apa yang menyebabkan semua itu terjadi??

Saya baru benar-benar menghayati proses ini ketika saya menonton sebuah video di tengah-tengah jam kuliah. Video itu memang sengaja di pertunjukkan oleh sang dosen agar kami dapat menarik 'ibrah' dari video yang diayangkan. Video tersebut memang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.

Ternyata di bumi ini terdapat suatu bentuklahan yang namanya danau magma. Aktivitas dari keaktifan magma jelas terlihat di danau ini. Ternyata pergerakannya itu konsisten, mempunyai pola tertentu. Warna merah pijar tampak dari bagian atas, menandakan begitu panasnya cairan tersebut. Lalu mengapa kita tak merasakan sedikitpun panas dari dalam bumi tersebut? apa karena jarknya yang sangat jauh atau karena terkadang kita melupakan hal-hal yang tak tampak oleh mata?

Pergerakan di bawah bumi itu telah membentuk berbagai variasi bentuklahan. Salah satunya adalah New Zealand. Pernahkah berfikir, mengapa himalaya akhirnya menjadi primadona bagi gunung di seluruh dunia??
Salah satunya adalah karena aktivitas geologi di bawahnya.

Zaman dahulu, permukaan bumi kita ini merupakan satu kesatuan daratan yang sangat luas. Dinamakan Pangaea. Permukaan bumi ini bergerak 2 cm  dalam kurun waktu jutaan tahun, jadi dapat kita perkirakan berapa usia bumi ini hingga akhirnya bebrbentuk seperti sekarang. Ada 5 Benua, terpisah oleh 4 Samudera, bahkan ada dua kutub yang sangat berbeda sifatnya satu dengan lainnya.

"Maka nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang kamu dustakan??"

(To be continue)